Cara Menggunakan ATM untuk Pemula

Ilustrasi Penarikan uang di ATM

Zonaiya- ATM atau Anjungan Tunai Mandiri merupakan fasilitas yang disediakan disetiap bank untuk memudahkan para nasabah bertansaksi. seperti mengambil dan mengirim uang. untuk bisa menggunakan ATM dibutuhkan alat dan mesin yang sesuai dengan kartu ATM yang anda miliki.

Misal anda memiliki ATM Bank INI maka anda hanya bisa menggunakan kartu ATM anda hanya di mesin ATM milik Bank INI, atau anda juga bisa menggunakannya untuk bertransaksi secara langsung ketika anda berbelanja di toko yang menyediakan pembayaran melalui ATM dengan mesin EDC.

Nah untuk anda yang baru pertama kali membuka rekening dan sama sekali belum pernah  menggunakan mesin ATM sebelumnya.jangan bingung langkah pertama yang anda bisa lakukan, perhatikan disekitar mesin ATM ada satpam yang jaga atau tidak, jika ada anda bisa meminta bantuan kepada satpam perihal apa yang anda ingin lakukan dengan mesin ATM, mau ambil uang, mengirim uang, bahkan cek saldo. pak satpam pasti akan membantu anda.


terus ngapain baca artikel ini kalo cuman disuruh nanya satpam ? ya itu juga kalo ada satpamnya kalo gak ada ya Zonaiya akan membantu anda. kalo gitu langsung aja yu cek bagaimana caranya menggunakan ATM untuk pertama kali.

1. Masuk ke BANK atau tempat yang ada mesin ATM 

Ilutrasi ATM Bank BCA

langkah pertama anda pastikan mesin ATM yang anda gunakan sesuai dengan kartu ATM yang anda pegang karena jika anda menggunakan kartu yang tidak sesuai di mesin ATM anda tidak akan bisa melakukan apa-apa contoh anda menggunakan kartu ATM BNI di mesin ATM BCA itu jelas tidak bisa.

2. Masukan Kartu ATM

Ilutrasi memasukan kartu ATM ke mesin ATM

selanjutnya anda harus masukan kartu ATM anda ke mesin ATM dan anda harus memastikan apakah posisi kartu ATM anda sudah benar karena jika posisi kartu ATM anda tidak sesuai misal terbalik maka kartu ATM anda tidak akan pernah bisa masuk.

3. Pilih Bahasa

Ilutrasi tampilan mesin ATM BRI ketika memilih bahasa

Setelah anda memasukan kartu ATM anda maka akan muncul dilayar dua opsi dimana anda harus memilih bahasa yang anda gunakan, jangan so soan pake bahasa inggris jika anda memang tak paham benar berbahasa inggris yang mudah aja pilih bahasa indonesia aja. selanjutnya akan muncul halaman yang berisi peringatan tentang keamanan ATM anda Tekan lanjutkan saja.

Ilutrasi tampilan mesin ATM BRI berisi peringatan



4. Masukan PIN

Ilutrasi tampilan mesin ATM BRI ketika memasukan PIN

Langkah ini merupakan langkah yang amat penting dimana anda harus memastikan pin yang anda masukan itu benar, karena jika anda salah memasukan pin sebanyak tiga kali kemungkinan kartu ATM anda akan langsung terblokir jadi pastikan PIN anda sudah benar. dan jika anda telah memasukan PIN dengan benar maka akan muncul halaman seperti berikut. tergantung mesin ATM yang anda gunakan karena kemungkinan besar setiap ATM dengan BANK berbeda akan memiliki tampilan yang berbeda.

Ilutrasi tampilan mesin ATM BRI sesudah memasukan PIN


Sampai sini anda sudah bisa menggunakan mesin ATM tersebut untuk keperluan anda, jika anda ingin melakukan penarikan uang anda bisa memilih nominal yang terdapat pada opsi yang ada di halaman tersebut dan jika anda ingin menarik lebih dari nominal yang ditawarkan anda bisa memilih transaksi lain dan pilih Penarikan Tunai. 
 . .
Ilutrasi tampilan mesin ATM BRI berisi pilihan untuk Transaksi

Besar nominal yang bisa anda tarik tergantung dari jenis kartu ATM anda misal kartu ATM warna silver meski uang anda sangat banyak tersimpan di bank anda hanya bisa mengambil maksimal 5jt/hari, lain lagi jika kartu anda misal warna gold yang nominal maksimalnyapun lebih besar misal 15jt/hari. ya penamaan jenis kartu ATM tiap bank beda-beda tapi sistemnya kurang lebih sama.

Untuk keperluan lainnya seperti TRANSFER,IFORMASI SALDO Pilih saja menu yang ada dan perhatikan setiap arahan yang muncul di layar tersebut namun jika anda bingung sebaiknya anda batalkan dulu dan minta bantuan Satpam atau orang  berpengalaman yang bisa anda percayai. tapi menurut saya anda pasti bisa melakukannya jika anda telah melewati tahap memasukan PIN.

Ingat mesin ATM itu kebanyak menggunakan tombol di samping layar maka tekan tombolnya untuk memilih jangan tekan layarnya karena itu bukan touchscreen meskipun ada ATM dengan Touchscreen sekian info dari Zonaiya semoga bisa bermanfaat untuk anda. tak bosan mengingatkan kemungkinan tampilan setiap mesin ATM berbeda tapi kurang lebih sama. 


0 Response to "Cara Menggunakan ATM untuk Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel