Jawaban dari 10 Pertanyaan Umum Wawancara Kerja


Apakah Anda siap untuk wawancara pekerjaan mendatang? 

Sangat penting untuk anda mepersiapkan diri ketika akan menghadapi wawancara kerja , kenapa penting ? supaya anda bisa memberikan respon secara efektif terhadap peertanyaan yang biasanya diajukan oleh perusahaan dalam sebuah wawancara. Karena pertanyaan kerja ini sangat umum diharapkan anda bisa menjawab dengan lancar dan tanpa ragu-ragu
Tidak perlu menghafal semua jawaban, cukup anda pikirkan apa yang akan anda katakan sehingga anda tidak berada dalam stuasi yang monoton selama wawancara kerja . Respon anda akan lebih baik ketika anda sudah melakukan persiapan terlebih dahulu, mengetahui apa yang diharapkan seama wawancara, dan memiliki rasa apa yang ingin anda fokuskan selama proses wawancara.  

Meskipun anda lupa dan tidak mengingat secara spesifik jawaban yang sudah anda persiapkan, hanya dengan kesiapan anda akan meningkatkan kepercayaan diri selama wawancara, dan membantu anda meminimalkan stres wawancara, sehingga membantu anda lebih nyaman. Anda bisa meninjau sepuluh pertanyaan teratas yang kemungkinan besar akan ditakanyakan kepada anda pada waktu wawancara kerja.

1. Ceritakan tentang diri Anda?

Pertanyaan ini merupakan pertanyaan pertama yang cenderung akan ditanyakan pada saat wawancara. Bersiaplah untuk berbicara tentang diri anda, dan mengapa anda sangat cocok untuk mengisi posisi yang dibutuhkan dalam perusahaan itu.  Cobalah anda memberikan jawaban tentang diri anda tanpa memberikan telalu banyak informasi, atau terlalu sedikit informasi tentang diri anda.


Anda dapat memulai dengan perkenalan diri secara singkat, membagikan beberapa minat dan pengalaman pribadi anda yang tidak berhubungan langsung dengan pekerjaan, seperti Hobi favorit, pendidikan anda , dana sesuatu yang memotivasi anda. Anda juga bisa berbagi fakta menyenangkan dan menunjukan kepribadian anda untuk membuat wawancara menjadi sedikit lebih menarik.

Jika terasa sulit untuk menghasilkan informasi ini dari awal, Anda dapat mengandalkan formula sederhana untuk menyusun jawaban Anda. 

Namun jika anda merasa sulit untuk menghasilkan informasi ini dari awal, anda  dapat menggunakan formula sederhana untuk menyusun jawaban anda. Formula “ Present-Past-Future” meupakan cara berbagi point latar belakang utama, anda bisa memulai dengan menceritakan dimana anda sekarang ( yang mencakup pekerjaan ada saat ini bersama dengan referensi untuk hobi dan hasrat pribadi), Bagaimana anda sampai ditempat anda saat ini ( Pendidikan, pengalaman penting ,Magang, Pengalaman sukarela), dan ceritakan tentang rencana atau tujuan anda untuk masa yang akan datang.

Poin tambahan jika anda bisa mengidentifikasi bagaimana masa depan anda ketika mengisi posisi yang anda lamar pada perusahaan tersebut. Tidak peduli bagaimana nda memilih untuk merespon, tuliskan saja jawaban anda sebelumnya dan kemudian latihan dengan membacakan dengan keras jawaban anda untuk memastikan anda menjawab pertanyaan tersebut secara alami.

Cobalah untuk tetap rendah hati, Jika anda tidak ingin tampil sebagai tipe orang yang terus-menerus membanggakan tentang diri mereka sendiri.  hindari subjek yang berpotensi kontroversial seperti kecenderungan politik atau agama, kecuali anda benar-benar yakin bahwa pendapat anda akan diterima dengan baik oleh pewawancara anda

Contoh jawaban yang baik :

(setelah menceritkan tentang diri anda secara umum ) Ketika saya tidak bekerja, saya suka menghabiskan waktu menjelajah dengan anjing-anjing saya. Saya mengajak mereka hiking, mengunjungi situs bersejarah, atau bahkan hanya berjalan-jalan di kota. Sejumlah besar orang tertarik pada anjing, dan saya selalu menikmati berbicara dengan siapa saja orang yang saya temui. Saya merasa bahwa komunikasi adalah salah satu aspek terpenting dalam kehidupan profesional. Ketika berbicara dengan orang-orang, dan bisa mengarahkan pembicaraan ke arah tertentu merupakan salah satu cara saya dalam menghadapi situasi yang berbeda di kantor.

2. Mengapa kami harus mempekerjakan Anda?

Apakah anda merupakan kandidat terbaik  untuk posisi yang akan anda lamar ? maka bersiaplah untuk menjawab pertanyaan kenapa kami harus mempekerjakan anda. Disini bukan waktunya untuk anda menjadi  rendah hati meskipun anda juga tidak harus menjadi orang yang sombong. Berilah jawaban anda dengan rasa percaya diri, singkat, fokus pada nilai apa yang bisa anda tawarkan kepada perusahaan, dan mengapa anda harus mendapatkan pekerjaan itu



Ini merupakan waktu yang tepat untuk meninjau kualifikasi dan persyaratan yang diberikan perusahaan untuk bergabung dan bekerja pada perusahaan itu, sehingga Anda dapat menyusun respons yang sesuai dengan apa yang dicari pewawancara.

Contoh jawaban yang baik :

Berdasarkan apa yang anda katakan dan dari informasi  yang telah saya dapatkan,bahwa  perusahaan anda mencari asisten administrasi yang baik dalam keterampilan interpersonal dan keterampilan teknologi.  Saya percaya pengalaman saya sesuai dengan hal itui dan membuat saya sangat cocok dengan pekerjaan ini. Saya seorang komunikator yang efektif yang terampil dalam memberikan presentasi lisan, berbicara di telepon, dan berkomunikasi melalui email. Saya juga fasih dalam sejumlah program perangkat lunak yang relevan, termasuk sistem manajemen konten dan suite spreadsheet.

3. Apa kekuatan/kelebihan terbesar Anda?

Pertanyaan ini merupakan salah satu pertanyaan yang hampir selalu diajukan oleh perusahaan dalam wawancara pekerjaan. Ketika anda ditanya mengenai apa keuatan terbesar anda, penting untuk menceritakan anda yang memenuhi syarat untuk pekerjaan tersebut dan apa yang membedakan anda dari kandidat yang lainnya.


Luangkan waktu sebelum wawancara kerja untuk mencocokan antara kualifikasi/syarat pekerja yang akan diterima di perusaahaan tersebut sesuai dengan pengumuman pekerjaan yang anda dapatkan dengan diri anda apakah anda sudah memenuhi syarat yang terdapat dalam pengumuman atau anda sudah lolos kualifikasi untuk bekerja diperushaan itu.  

Dengan cara ini, Anda bisa memiliki contoh anda siap untuk menunjukan pada perusahaan itu bahwa anda cocok dan sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan itu untuk bekerja diperusahaannya. Lebih bagus jika anda “Tunjukan, Bukan Hanya bicara” Misalnya, dari pada anda hanya membicarakan bahwa anda pemecah masalah yang hebat, lebih baik anda ceritakan sebuah kisah yang menunjukan hal tersebut, idealnya menggambarkan pengalaman propesional anda.

Contoh jawaban yang baik :

Saya memiliki etika kerja yang sangat baik. Ketika saya mengerjakan sebuah proyek, saya tidak hanya ingin memenuhi tenggat waktu. Sebaliknya, saya lebih suka menyelesaikan proyek jauh lebih cepat dari jadwal. Tahun lalu, saya bahkan mendapatkan bonus untuk menyelesaikan tiga laporan terbaru saya satu minggu lebih cepat dari jadwal.

Latar belakang saya sebagai lulusan jurusan bahasa Inggris tentu akan membantu saya berhasil dalam pekerjaan. Saya merestrukturisasi, mengedit, dan menulis buletin karyawan untuk rumah sakit dan memfokuskan ke profil dan kontribusi karyawan. Survei kami menunjukkan bahwa format baru lebih dihargai, lebih banyak dibaca oleh staf, dan membantu membangun moral. Saya juga menulis ulang bagian utama buku pegangan karyawan untuk menyederhanakan bahasa.

Jawablah sesuatu hal yang  menjadi kelebihan dalam diri anda bisa dalam etika, kemampuan, keahlian dan ceritakan sesuatu yang berhasil anda capai tentunya harus relevan dengan pekerjaan yang sedang anda lamar.

4. Apa kelemahan/kekurangan terbesar Anda?

Pertanyaan lain yang akan ditanyakan oleh pewawancara adalah tentang kelemahan anda. Upayakan yang terbaik untuk membingkai jawaban anda di sekitar aspek positif dari keterampilan  dan kemampuan anda sebagai karyawan, menjadkan “ kelemahan” menjadi kekuatan anda. 


Misalknya, mungkin anda mengatakan sesuatu seperti” saya selalu bekerja dengan perfeksionis dan saya ingin melakukan pekerjaan dengan benar pertama kali, tetapi ini kadang-kadang membuat saya mencurahkan waktu lebih banyak  daripada yang diperlukan untuk sebuah proyek, Saya telah belajar supaya bisa menyeimbangkan dorongan ini dengan tanggung jawab yang sama pentingya dengan memenuhi tenggat waktu.”

Anda juga dapat meceritakan tentang keterampilan yang telah anda tingkatkan, dan  memberikan contoh spesifik tentang bagaimana anda telah mengenali kelemahan  anda sehingga anda dapat mengambil langkah-langkah menutupi kelemahan anda serta dapat meningkatkan diri anda.

Contoh jawaban yang baik :

Penting untuk dicatat bahwa istilah "kelemahan" tidak benar benar digunakan untuk mengetahui kelemahan anda , anda harus fokus pada yang positif saat wawancara .

"Angka tidak selalu menjadi hal yang saya kuasai. Untungnya, sebagai copywriter, saya dapat memfokuskan sebagian besar waktu saya pada proses penulisan kreatif. Namun, dalam beberapa tahun terakhir saya mulai membiasakan diri dengan alat analisis digital yang digunakan dalam berbagai situs web dan aplikasi tempat saya menulis  ketika anda menambahkan konteks, "angka" sebenarnya sudah tidak menjadi masalah bagi saya. "

5. Mengapa Anda keluar/mengapa Anda meninggalkan pekerjaan Anda?

Ketika ditanya tentang mengapa  anda pindah dari pekerjaan anda sebelumnya, tetap berpegang pada fakta, langsung, dan fokuskan jawaban wawancara tentang masa depan anda , terutama jika anda keluar dari pekerjaan anda sebelumnya dengan keadaan yang tidak baik. 



berusahalah memberi pandangan positif pada setiap respons yang anda berikan; lebih baik memberi kesan bahwa anda lebih termotivasi oleh kemungkinan peluang baru daripada mencoba melarikan diri dari situasi yang buruk.  Selain itu,sangat penting untuk anda agar tidak menjelekan organisasi, kolega, atau perusahaan tempat anda bekerja sebelumnya.

Sebuah perusahaan sepertinya tidak ingin mempekerjakan seseorang yang berbicara negatif tentang perusahaan yang pernah menjadi tempat si pelamar bekerja sebelumnya, karena mereka bisa beranggapan bahwa anda bisa melakukan hal serupa  kepada perusahaanya kelak dimasa depan.

Contoh jawaban yang baik :

Saya sudah  memutuskan bahwa pekerjaan saya sebelumnya  tidak sesuai dengan tujuan karir saya dalam karir saya di perusahaan tempat saya bekerja sebelumnya  saya melihat bahwa saya tidak memiliki peluang untuk mencapai tujuan karir saya jika tetap bekerja disana.

Saya pindah ke daerah ini karena keadaan keluarga dan meninggalkan pekerjaan saya  yang sebelumnya untuk pindah bersama keluarga.

Saya merasa jenuh dengan pekerjaan yang sebelumnya dan mencari lebih banyak tantangan. Saya adalah karyawan yang sangat baik, dan saya tidak ingin ketidakbahagiaan saya berdampak pada pekerjaan yang saya lakukan untuk perusahaan.

6. Apa harapan gaji Anda/ Berapa Gaji yang anda Harapkan?

Berapa  gaji yang anda harapkan? Tampaknya seperti pertanyaan yang sederhana, namun jawaban anda bisa membuat anda keluar dari seleksi untuk  mendapatkan pekerjaan itu jika anda memberi harga terlalu tinggi pada diri anda sendiri. Akan tetapi anda juga tidak boleh meremehkan diri anda sendiri karena anda akan dirugikan dengan tawaran yang lebih rendah.


Tinjau cara terbaik untuk menjawab pertanyaan tentang gaji,  anda bisa juga menanyakan berapa kisaran gaji rata-rata untuk posisi yang anda lamar sehingga anda bisa bernegosiasi dan mendapatkan upah yang layak yang  pantas anda dapatkan.

Contoh jawaban terbaik :

Gaji yang saya harapkan fleksibel, tetapi saya memiliki pengalaman yang signifikan di bidang yang saya percaya menambah nilai lebih.  Saya berharap untuk membahas secara lebih rinci apa tanggung jawab saya di perusahaan ini nantinya. Dari sana, kita dapat menentukan gaji yang adil untuk posisi itu.

Saya perlu belajar lebih banyak tentang tugas-tugas khusus yang diperlukan untuk posisi ini, yang saya harap bisa saya pelajari lebih lanjut dalam wawancara ini. Namun, saya tahu bahwa posisi yang mirip dengan yang satu ini dibayar dalam kisaran Rp X hingga Rp Z di pada umumnya. Dengan pengalaman, keterampilan, dan sertifikasi saya, saya berharap akan menerima sesuatu dalam kisaran Rp Y hingga Rp Z.

7. Mengapa anda menginginkan pekerjaan ini?

Pertanyaan ini memberi anda kesempatan untuk menunjukkan apa yang anda ketahui tentang pekerjaan dan perusahaan itu kepada pewawancara , jadi luangkan waktu sebelum wawancara untuk meneliti perusahaan  mau itu produk atau layanannya, budaya perusahaannya , dan misinya secara menyeluruh. 



Jelaskan secara spesifik apa yang membuat anda cocok untuk pekerjaan itu, dan sebutkan aspek-aspek perusahaan dan posisi yang paling menarik bagi anda.

Contoh jawaban yang baik :

Pekerjaan ini sangat cocok untuk apa yang telah saya lakukan dan nikmati sepanjang karier saya. Karena pekerjaan ini menawarkan campuran proyek jangka pendek dan tujuan jangka panjang. Keterampilan organisasi saya memungkinkan saya untuk berhasil melakukan banyak tugas dan menyelesaikan kedua jenis proyek.

Saya mengerti bahwa ini adalah perusahaan yang sedang naik daun. Seperti yang saya baca di situs web Anda dan dalam berbagai siaran pers, Anda berencana meluncurkan beberapa produk baru dalam beberapa bulan mendatang. Saya ingin menjadi bagian dari bisnis ini seiring pertumbuhannya, dan saya tahu pengalaman saya dalam pengembangan produk akan membantu perusahaan Anda ketika Anda meluncurkan produk ini.

8. Bagaimana Anda menangani stres dan tekanan?

Apa yang akan anda lakukan ketika segala sesuatu tidak berjalan dengan lancar di tempat kerja? Bagaimana Anda menghadapi situasi sulit? Apa yang Anda lakukan ketika ada masalah? Cara terbaik untuk menanggapi pertanyaan ini adalah memberikan contoh bagaimana anda berhasil menangani stres dalam pekerjaan sebelumnya.


Hindari untuk mengklaim bahwa anda tidak pernah, atau jarang, mengalami stres. Bukan hanya sulit untuk dipercaya, tetapi hal ini juga bisa membuat pewawancara menyimpulkan bahwa anda hanya bekerja di lingkungan bertekanan rendah sehingga anda tidak siap untk menangani situasi yang sulit. 

Sebaliknya, berikan jawaban anda dengan cara yang mengakui stres di tempat kerja dan menjelaskan bagaimana anda bisa mengatasinya, atau bahkan menggunakannya untuk keuntungan anda.

Contoh jawaban yang baik :

Saya mencoba bereaksi terhadap situasi, bukannya stres. D
engan begitu, ketika situasinya sudah ditangani tidak akan menjadi stres. Misalnya, ketika saya berurusan dengan pelanggan yang tidak puas, alih-alih berfokus pada perasaan stres, saya fokus pada tugas yang ada. Saya percaya kemampuan saya untuk berkomunikasi secara efektif dengan pelanggan selama ini bisa membantu mengurangi stres saya sendiri  dan juga mengurangi stres yang mungkin dirasakan pelanggan.

9. Jelaskan situasi atau proyek kerja yang sulit dan bagaimana caranya anda mengatasinya?

Pewawancara ingin tahu apa yang anda lakukan ketika anda menghadapi keputusan yang sulit. Seperti halnya pertanyaan tentang stres, bersiaplah untuk membagikan contoh tentang apa yang anda lakukan dalam situasi sulit.  Sanagat penting untuk menceritakan dengan rinci pada contoh yang akan anda ceritakan pada pewawancara sehingga cerita anda dapat dipercaya dan menarik, hindari berbicara negatif, atau luas, tentang orang lain. 



Ini dapat mengurangi apa yang benar-benar ingin diketahui oleh pewawancara, yaitu bagaimana anda dapat berhasil mengatasi keadaan yang sulit dan situasi yang menantang.

Contoh jawaban yang baik :

Saya menemukan bahwa keputusan tersulit yang harus saya buat adalah ketika saya harus memilih antara anggota tim yang kuat untuk promosi. Ada saat-saat ketika, meskipun saya menyukai satu orang lebih baik daripada yang lain, saya tetap harus memilih orang lain berdasarkan potensi mereka untuk memikul tanggung jawab peran baru mereka. Kadang-kadang saya juga harus mempromosikan karyawan yang lebih muda daripada staf yang sudah senior, hanya karena mereka lebih terampil dalam penggunaan teknologi dan lebih bersedia untuk bekerja lembur. Itu tidak pernah mudah, tetapi pada akhirnya saya harus memikirkan siapa yang akan menjadi yang paling efektif dan produktif di posisi baru.

10. Apa tujuan Anda di masa depan/ Tujuan jangka panjang anda?

Pertanyaan ini dirancang untuk mencari tahu apakah anda akan bertahan bekerja diperusahaan itu atau berhenti  bekerja setelah anda menemukan peluang yang lebih baik. Disini anda coba terus pertahankan jawaban anda dan berfokus pada pekerjaan dan perusahaan yang sedang mewawancarai anda, dan tegaskan kembali kepada pewawancara bahwa posisi tersebut selaras dengan tujuan jangka panjang Anda.



Contoh jawaban Yang baik : 

Meskipun saya baru saja menyelesaikan sertifikasi LPN saya, tujuan jangka panjang saya adalah untuk mengambil karir keperawatan saya ke level tertinggi dengan akhirnya mendapatkan gelar RN saya. Rencana saya adalah bekerja penuh waktu di lingkungan perawatan jangka panjang atau rumah sakit selama beberapa tahun ke depan, yang akan memberi saya pengalaman yang saya perlukan untuk unggul dalam program RN.

Anda tidak harus menghapal setiap jawaban yang sudah dicontohkan diatas, dan memberikan jawaban sama persis dengan apa yang ada di contoh tujuan dari membahas pertanyaan ini supaya anda bisa memahami apa yang harus anda jawab pada setiap pertanyaan yang dilontarkan dalam wawancara.

Pikirkan jawaban apa yang lebih baik buat anda, atau yang relevan dengan pekerjaan yang akan anda lamar untuk menjawab pertanyaan pertanyaan tersebut. Setelah anda membuat persiapan untuk menjawab segala pertanyaan yang umum ditanyakan di wawancara kerja. Lakukanlah latihan untuk menjawab pertanyaan itu. Saya doakan semoga wawancara anda lancar dan anda mendapatkan pekerjaan yang anda inginkan.  

0 Response to "Jawaban dari 10 Pertanyaan Umum Wawancara Kerja"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel