7 Zat Dalam Makanan untuk Mengurangi Rambut Rontok dari Dalam


Zonaiya - Banyak sekali wanita maupun pria  yang mengalami kerontokan pada rambutnya. Ketika mereka berkeramas atau ketika mereka merapikan rambutnya dengan sisir. Kerontokan pada rambut bisa dibabkan oleh bebrapa faktor atau bisa menjadi sebuah tanda bahwa sedang terjadi masalah didaam tubuh seseorang. 

Faktor keturunan bisa menjadi penyebab kerontokan rambut pada seseorang, hormon yang tidak seimbang, kurang aktifnya kelenjar tiroid, kekurangan zat gizi tertentu, kehamlan, obat atau perawatan penyakit tertentu, seperti halnya perawatan kanker, stres, dan sirkulasi darah yang tidak memadai pada kulit kepala.

Untuk dapat meminimalisir atau mengurangi kerontokan pada rambut, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan, dimulai dari memakai obat, laser, transplantasi rambut sampai dengan perawatan menggunakan bahan-bahan yang alami, seperti aloe vera, putih telur, bayam, santan, bawang, dan berbagai jenis bahan alami lainnya.

Namun, kali ini zonaiya akan membahas cara  untuk mengurangi kerontokan pada rambut dengan cara memakan makanan yang bergizi.  Ternyata makanan bisa mempengaruhi pertumbuhan rambut. Kandungan yang terdapat dalam makanan diperlukan oleh sel-sel kulit kepala untuk menumbuhkan rambut atau mengurangi kerontokan. dan makanan seperti apa saja itu? 

Zat Gizi Dalam Makanan Anda Yang Dapat Membantu Meminimalisir Kerontokan  


Kerontokan  dapat dikurangi dengan cara memakan makanan yang bergizi untuk memenuhi nutrisi yang diperlukan oleh rambut. Beberapa zat gizi yang ada dalam makanan dapat membantu anda mengurangi rambut rontok, yaitu:

1. Protein

Protein merupakan salah satu nutrisi yang penting dan diperlukan untuk pertumbuhan rambut. Protein juga dikenal sebagai zat pembangun sehingga orang benar-benar membutuhkannya. Protein juga berguna untuk menguatkan rambut dan mendorong pertumbuhan rambut. Makanan yang tinggi akan protein sangat banyak dan mudah ditemukan, misalnya seperti daging, telur, ikan dan kacang-kacangan.

2. Asam lemak omega-3

Asam lemak esensial omega 3 bisa membantu menghentikan rambut rontok serta mampu mendorong pertumbuhan rambut.  Hal ini juga bisa membantu menyehatkan kulit kepala dan membuat rambut menhadi berkilau. Kenari dan kacang almon serta ikan salmon, tuna dan sarden merupakan sumber asam lemak omega-3, hal ini juga terdapat dalam alpukat dan bayam.

3. MSM (Metil Sulfonyl Metana)

Metil Sulfonyl Metana bisa membantu memproduksi keratin (protein rambut).   inilah yang membantu untuk memperkuat rambut seseorang. Ditemukan dalam sebuah studi, orang yang memakai MSM mengalami pengurangan kerontokan pada rambutnya dan meningkatkan pertumbuhan rambut hanya dalam waktu 6 bulan. 

beberapa contoh makanan yang mengandung MSM adalah susu, tomat dan jagung. 

4. Vitamin B-kompleks

Vitamin B yang termasuk vitaminB7 dan B6 bisa mengurangi kerontokan pada rambut dengan meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala dan meremajakan folikel rambut. Asam Pantotenat atau vitamin B juga bisa mencegah kerontokan pada rambut dan mencegah penipisan pada rambut. 

Vitamin B kompleks bisa didapatkan dengan mudah ketika mengonsumsi buah-buahan  dan sayuran, seperti pisang, alpukat, bayam, apel, brokoli, kubis, kembang kol, asparagus, dan bisa didapatkan juga ketika mengonsumsi kacang-kacangan, telur, daging, produk susu, dan seafood.

Mengonsumsi suplemenen vitamin B-komplesks 100 mg perharinya dapat membantu pertumbuhan rambut. Akan tetapi, sebaiknya anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, sebelum anda memutuskan untuk mengonsumsinya.

5. Vitamin C

Vitamin C ini bisa meningkatkan produksi kolagen yang menjadi elemen penting pada rambut. Vitamin C juga bisa membantu untuk mencegah rambut patah. Makanan yang menjadi sumber vitamin C ini cukup banyak, antara lainnya pada buah jeruk, jambu biji, stroberi dan pada sayuran seperti parika merah dan bayam.

Mengonsumsi Vitamin C sebanyak 250 mg per harinya akan membantu anda meningkatkan produksi kolagen.

6. Vitamin E

Vitamin E adalah salah satu antioksidan yang berguna untuk mencegah kerusakan pada rambut. Vitamin E akan membantu tubuh untuk memproduksi keratin lebih banyak supaya bisa menghentikan kerusakan pada rambut.

Menambahkan 400 IU vitamin E dalam asupan anda sehari-hari dapat membuat rambut Anda cepat panjang dan berkilau. Jika ingin mengonsumsu suplemen vitamin E, alangkah baiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anda.

7. Zat besi

Zat besi juga merupakan unsur penting untuk menjaga kesehatan rambut. Rambut ronotok dapat disebabkan karena kekurangan zat besi. Sebuah penelitian menunjukan kadar feritin mungkin rendah pada wanita dengan rambut rontok. ( NB: Feritin adalah protein yang menunjukan jumlah cadangan besi dalam tubuh). 

Zat besi bisa didapatkan dengan mengonsumsi sayuran hijau, buah-buahan kering, kacang mede, daun bawang, unggas, daging, pasta dan sereal yang telah difortifikasi. Anda bisa juga mengonsumsui suplemen zat besi bila benar-benar membutuhkan, akan tetapi itu juga setelah anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anda.

Adapun tips tambahan untuk anda supaya dapat mengurangi rambut rontok. Rambut rontok dapat disebabkan perlakuan anda sendiri terhadap rambut dan juga bisa karena faktor lingkungan. Sehingga, sangat penting untuk anda memperhatikan kesehatan rambut dan kulit kepala. 


Tips Meminimalisir Kerontokan pada Rambut Anda


Beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengurangi rambut rontok adalah:

1. Menjaga kebersihan kulit kepala dan rambut

Sangat anda perlukan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kulit kepala dan rambut untuk mengurangi kerontkan dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Rambut dan kulit kepala yang tidak bersih bisa mengundang ketombe dan masalah kulit kepala yang lainnya sehingga dapat memperburuk rambut rontok.

Secara rutin bersihkanlah kulit kepala dan rambut anda untuk mencegah datangnya ketombe dan untuk mengurangi rambut rontok.

2. Jaga kebersihan benda-benda yang kontak dengan rambut Anda

Pastikan benda atau alat yang sering anda gunakan untuk rambut itu selalu bersih ,Contohnya seperti handuk, bantal, sisir, dan lainnya. Cuci benda-benda tersebut secara rutin dan pastikan selalu bersih ketika mau digunakan. Dan jangan sentuh rambut anda dengan keadaan tangan yang kotor. Karena tangan bisa menjadi sumber kotoran atau infksi bagi kulit kepala dan rambut.

3. Jangan biarkan kulit kepala atau rambut Anda berkeringat

Kerontokan bisa diderita oleh orang yang rambutnya sering berkeringat. Selama musim panas rambut rontok cenderung meningkat hal ini dikarenakan seringnya rambut berkeringat.  Untuk menguranginya, anda bisa memakai handuk untuk menyerap keringat pada rambut dan anda bisa mencuci minimal sekali dalam sehari rambut anda

4. Lindungi rambut dari sinar matahari 

Paparan sinar matahari ke kulit kepala bisa menjadi penyebab rontoknya rambut anda. Sinar matahari bisa membuat rambut menjadi kering dan rapuh sehingga rambut mudah sekali untuk rontok. Untuk mencegah paparan sinar matahari ke kulit kepala cara terbaiknya adalah dengan menutupi rambut anda ketika sedang diluar ruangan. Anda bisa menggunakan topi atau payung untuk menutupinya.

5. Pilih sampo dan kondisioner yang cocok dengan rambut Anda

Menggunakan sampo dan kondisioner yang tidak cocok bisa menjadi penyebab rontoknya rambut anda. Sampo dan kondisioner yang salah jika digunakan bisa membuat rambut anda menjadi rapuh dan rentan terhadap kerusakan. Pilihlah sampo dan kondisioner yang benar-benar cocok dengan rambut anda untuk mencegah kerontokan. Anda bisa meminta saran pada dokter mengenai hal ini.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang sedang mencari solusi atau wawasan jika artikel ini menarik dan bermanfaat untuk anda silahkan share, karena berbagi manfaat itu indah.

0 Response to "7 Zat Dalam Makanan untuk Mengurangi Rambut Rontok dari Dalam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel