16 Aalasan Kenapa Kamu Harus Minum Kopi Hitam



Kopi adalah minuman yang sangat populer dan paling digemari setelah teh. Konsentrasi antioksidan yang tinggi dalam kandungannya menjadikan kopi sebagai salah satu minuman terbaik. Kali ini zonaiya akan membahas berbagai manfaat dari meminum kopi hitam tanpa gula. 

Didalam kopi terdapat suatu zat yang dinamakan kafein, dimana kafein merupakan stimulan alami yang dapat memberikan anda banyak energi dan membantu anda untuk tetap terjaga ketika anda merasa lelah.

Sebenarnya apa sih Kopi Hitam itu ? masa sich gak tau ? Kopi hitam itu kopi biasa tanpa gula, tanpa krim dan susu. Ini meningkatkan rasa yang sebenarnya dari sebuah biji kopi yang dihancurkan. Secara tradisional kopi hitam dibuat dalam teko.

Untuk penikmat kopi hitam modern mereka lebih memilih menggunakan metode pour-over untuk membuatnya. Penambahan gula pada minuman kopi hitam tidak baik dan berbahaya bagi kesehatan tubuh anda hal ini karena dikaitakn dengan kondisi penyakit tertentu seperti diabetes dan obesitas.

Nilai Gizi Kopi 100 gram biji kopi mengandung energi 520 kkal (kalori). kopi juga mengandung :
      
Kopi hitam juga bermanfaat untuk kesehatan anda dan dibawah ini beberapa dari manfaat Kesehatan yang bisa anda dapatkan dari Kopi Hitam  :


  • 8,00 gram protein
  • 26,00 gram total lipid (lemak)
  • 62,00 gram karbohidrat
  • 6,0 gram total serat makanan
  • 52,00 gram gula
  • 160 miligram kalsium
  • 5,40 miligram besi
  • 150 miligram natrium
  • 200 IU vitamin A



1. Meningkatkan kesehatan jantung

Meminum kopi tanpa tambahan gula sama sekali dapat mengurangi kemungkinan anda terkena penyakit jantung dan peradangan, sehingga dapat menurunkan resiko penyakit kardiovaskular. Sebuah penelitian telah menunjukan bahwa mengonsumsi kopi menurunkan resiko terkena stroke sebesar 20 persen.

Namun, Kopi bisa menyebabkan sedikit peningkatan tekanan darah, sehingga kurang baik dikonsumsi untuk anda yang memilki masalah dengan tekanan darah.

2. Membantu Menurunkan berat badan

Tahukah anda bahwa mengonsumsi kopi tanpa gula bisa membantu anda yang sedang melakukan program diet, hal ini dikarenakan meminum kopi tanpa gula bisa membantu anda membakar lemak dengan meningkatkan metabolisme tubuh.

Kandungan kafein dalam kopi terbukti membantu dalam proses pembakaran lemak dan telah dibuktikan bahwa kafein meningkatkan metabolisme sebesar 3 hingga 11 persen. Sebuah studi menunjukan efektivitas kafein dalam dalam proses pembakaran lemak sebanyak 10 pesen pada orang yang yang memilki berat badan yang berlebih dan 29 oersen pada orang berbadan kurus.

3. Meningkatkan memori

Minum kopi tanpa pemanis memiliki manfaat lain seperti membantu meningkatkan fungsi memori dengan membantu otak tetap aktif. Dengan mengonsumsi kopi dapat mengaktifkan saraf otak dan mengurangi kemungkinan terkena penyakit alzheimer dan demensia.

Hal ini juga telah diteliti dan penelitian tersebut menunjukan bahwa meminum kopi dapat menurunkan kemungkinan terkena penyakit Alzheimer hingga 65 persen.

4. Mengurangi risiko diabetes

Meminum kopi dengan tambahan pemanis seperti gula dapat meningkatkan resiko kemungkinan  anda terkena diabetes, terutama diabetes tipe 2. Beberapa penelitan memnemukan bahwa orang yang meminum kopi hitam tanpa menambahkan gula memiliki resiko 23 hingga 50 persen lebih rendah terkena penyakit ini.

Orang yang mempunyai diabetes juga harus menghindari kopi yang ditambahkan gula karena mereka tidak dapat mengeluarkan insulin yang cukup, dan meminum kopi dengan gula bisa menyebabkan penumpukan gula di dalam darah. 

5. Menurunkan risiko penyakit Parkinson

Profesor Achmad Subagio dari lembaga penelitian Universitas jember mengutarakan bahwa, menurutnya meminum kopi hitam dua kali sehari mencegah resiko terkena penyakit parkinson karena kafein meningkatkan kadar dopamin dalam tubuh.

Penyakit ini mempengaruhi sel-sel saraf otak yang bisa menghasilkan dopamin, neurotransmitter yang berfungsi untuk mengrimikan sinyal antara sel-sek saraf otak. Jadi, meminum kopi tanpa gula bisa mengurangi resiko terkena penyakit parkinson sebesar 32 hingga 60 persen.

6. Melawan depresi

Seorang wanita yang meminum kopi lebih dari 4 cangkir perharinya, memiliki resiko lebih  20 persen rendah mengalami depresi. Hal ini dikarenakan kafein, yang merangsang sistem saraf pusat dan meningkatkan kadar dopamin. Peningkatan kadar dopamin dapat menghilangkan gejala depresi dan kecemasan yang membuat orang cenderung melakukan bunuh diri.

Baca Juga : Cara Tepat Mengatasi Stress Kerjaan 

7. Menghilangkan racun dari hati

Kopi hitam juga dikenal sebagai pembersih hati dengan menghilangkan racun dan bakteri dalam tubuh dan mengeluarkannya melalui urin. Penumpukan racun pada hati dapat menyebabkan hati menjadi rusak. Kopi hitam juga diketahui bisa mencegah sirosis hati dan menerunukan resikonya hingga 80 persen. Selain itu, kafein bersifat diuretik yang bisa membuat anda selalu  ingin buang air kecil.

8. Kaya akan antioksidan

Kopi tinggi akan antioksidan dibandingkan dengan buah-buahan dan sayur sayuran.  Kopi merupakan sumber utama antioksidan, dan  para ilmuan mengatakan terdapat sekitar 1000 antioksidan dalam biji kopi yang tidak diproses ketika ratusan lainnya berkembang selama proses pemanggangan.

9. Membuat Anda lebih pintar

Kafein merupakan stimulan alami yang bekerja pada otak manusia dengan memblokir efek adenosin, penghambat neurotransmitter. Hal ini dapat meningkatkan penembakan neuron pada otak dan melepaskan neurotransminter lain seperti norepinerfin dan dopamin yang bisa meningkatkan suasana hati, mengurangi stres, meningkatkan kewaspadaan dan waktu reaksi serta fungsi otak secara umum.

10. Menurunkan risiko kanker

Kopi hitam dapat menurnkan dan mencegah risiko kanker hati dan kanker usus besar. Meminum kopi hitam bisa mengurangi 40 persen resiko terkena kanker hati. Studi lain menemukan bahwa orang yang meminum kopi sebanyak 4 sampai 5 cangkir perharinya memiliki penurunan resiko sebesar 15 persen untuk terkena kanker usus besar  

mengonsumsi kopi juga diketahui bisa mengurangi risiko seseorang terkena kanker kulit.

11. Meningkatkan kinerja latihan

Meminum kopi hitam di pagi hari dapat meningkatkan kadar epinefrin (adrenalin) dalam darah yang bisa meningkatkan kinerja fisik anda sebesar 11 sampai 12 persen.  Hal ini dikarenakan kandungan kafein yang membantu dalam pemecahan lemak dan metabolisme lemak yang digunakan sebagai bahan bakar. Kafei juga dafat menurunkan otot pasca latihan.

12. Mencegah encok

Encok  terjadi ketika ada penumpukan asam urat dalam darah.  Sebuah studi menunjukan bahwa meminum kopi 1-3 cangkir sehari dapat menurunkan resiko seseorang terkena asam urat sebesar 8 persen, meminum kopi 4-5 cangkir dapat menurunkan resiko terkena asam urat sebesar 40 persen dan meminum 6 cangkir sehari dapat menurunkan resiko sampai 60 persen.

13. Melindungi gigi

Para peneliti di Brazil menemukan bahwa kopi hitam dapat membunuh bakteri di gigi dan menambahkan gula pada kopi bisa menurunkan manfaatnya.  Karena hali ini dapat mencegah karies gigi dan diketahui bisa mencegah penyakit periodontal.

Baca juga : Cara Mengatasi Bau Mulut Secara Alami

14. Mencegah kerusakan retina

Manfaat lain dari meminum kopi hitam adalah membantu mencegah kerusakan penglihatan yang terjadi karena stres oksidatif.  Kehadiran asam klorogenik (CLA), antioksidan kuat yang ditemukan dalam biji kopi, dapat mencegah kerusakan pada retina.

15. Meningkatkan umur panjang

Menurut sebuah penelitian, wanita yang mengonsumsi kopi memiliki risiko kematian yang lebih rendah akibat penyakit jantung, kanker, dll. Banyak penelitian menunjukkan bahwa minuman kopi memiliki risiko kematian dini yang lebih kecil dari penyakit seperti diabetes, kanker, dan penyakit jantung.

16. Mencegah multiple sclerosis

Multiple sclerosis adalah penyakit yang memungkinkan sistem kekebalan tubuh menyerang sistem saraf pusat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minum 4 cangkir kopi sehari dapat melindungi dari terjadinya multiple sclerosis.

Efek Samping Meminum Kopi Hitam

Karena kafein yang terdapat dalam kopi hitam jika dikonsumsi secara berlebihan akan menimbulkan efek samping dimana efek sampinya yaitu menyebabkan kegugupan, kegelisahan, insomnia, sakit perut, Jantung bedebar dan pernapasan ternegah engah.  Hal ini juga bisa terjadi ketika seseorang yang tidak biasa meminum kopi, mulai meminum kopi dengan jumlah yang banyak atau berlebih

Semoga artikel tentang manfaat kopi ini bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mencari informasi tersebut saya harap anda bisa mendapatkan pengetahuan lebih tentang apa yang sedang anda cari



0 Response to "16 Aalasan Kenapa Kamu Harus Minum Kopi Hitam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel