Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami


Zonaiya - Selama ini kolesterol merupakan suatu hal yang sering dianggap negatif oleh kebanyakan orang. banyak orang selalu menghindari makanan yang dapat menaikan kolesterol karena takut menyebabkan penyakit jantung. Hal ini bisa dikatakan benar juga tidak.
Namun, apakah anda tahu apa itu sebenarnya kolesterol ?  Apakah kolesterol itu seburuk dengan apa yang anda bayangkan ? saya sarankan cari tahu semua hal tersebut  mau itu gejala, penyebab, dan pengobatannya , Kolesterol merupakan lilin seperti halnya lemak, yang bisa ditemukan pada sel-sel dalam tubuh.

Selama ini kolesterol sering dipandang kurang baik oleh kebanyakan orang sehingga orang-orang beranggapan makanan berkolesterol tinggi itu harus di hindari. Tapi, apakah anda tahu bahwa sebenarnya tubuh manusia itu membutuhkan kolesterol untuk membuat hormon, Vitamin D, dan asam empedu  ? jawabnnya iya.

 Kolesterol dibutuhkan untuk membuat hormon seperti hormon testosteron,kortisol, dan estrogen, vitamin D dan asam empedu untuk mencerna lemak dari makanan. Sebenarnya Tubuh sendiri dapat membuat zat-zat tersebut sesuai dengan kebutuhan, akan tetapi mungkin hanya dalam jumlah yang kecil .

Kolesterol yang ada dalam tubuh sering didapatkan dari makanan yang anda konsumsi. Zat ini akan lebih banyak diproduksi oleh hati jika anda sering mengonsumsi makanan yang mengandung lemak trans dan lemak jenuh. Hal tersebutlah yang akhirnya dapat menyebabkan kolesterol dalam darah menjadi tinggi. 

Kadar Kolesterol Normal Dalam Tubuh




Sangat penting untuk anda memeriksakan kadar kolesterol LDL (Low density lipoprotein) atau bisa disebut dengan kolesterol jahat, HDL ( High density lipoprotein) atau bisa disebut juga dengan kolesterol baik, dalam tubuh anda.karena hal ini merupakan salah satu langkah pencegahan terhadap penyakit yang kronis, seperti stroke dan peyakit Jantung.
Setidaknya kadar kolesterol dalam darah diukur setiap lima tahun satu kali pada orang yang sudah berusia 20 tahun keatas, tes ini sering disebut dengan prol lipid. Tes ini bisa menunjukan jumlah total kolesterol yang ada dalam tubuh, mulai dari jumlah LDL,HDL dan jumlah trigliserida. Batasan setiap jenis tes ini adalah :\
  • Total kadar kolesterol yang baik dalam darah adalah kurang dari 200 mg/dl, dan dimasukan dalam kategori tinggi jika kadarnya mencapai lebih dari 240mg/dl.
  • Kadar Kolesterol jahat, yang baik dalam darah harus kurang dari 100mg/dl, dan bisa membahayakan kesehatan anda jika kadarnya mencapai lebih dari 160mg/dl.
  • Kadar kolesterol  baik yang bagus dalam tubuh adalah lebih dari 40mg/dl. Dan dapat dibilang rendah jika kadarnya kurang dari 40mg/dl.
  • Kadar trigliserida yang baik dalam darah tidak boleh lebih dari 150 mg/dl, dan dikatakan  tinggi bila kadarnya mencapai 200 mg/dl atau lebih.


Penyebab Kolesterol Tinggi



Kadar Kolesterol jahat dan baik dapat bipengaruhi oleh berbagai hal, diantaranya adalah :

1. Makanan
Makanan yang mengandung kemak jenuh dan lemak trans bisa meyebabkan kadar kolesterol jahat anda meningkat seperti ketika anda memakan gorengan, kulit ayam, daging yang berlemak serta fast food atau makanan yang mengandung lemak tinggi lainnya.

2. Kelebihan Berat Badan
Seseorang yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas cenderung kadar lemak jahatnya lebih tinggi.

3. Umur
Semakin tua umur seseorang, maka semakin naik kadar lemak jahatnya. Hal tersebut mungkin dipengaruhi oleh perubahan fungsi dan metabolisme tubuh yang semakin menurun.

Sehingga sudah tidak aneh orang yang sudah berusia lanjut memiliki kadar lemak jahat lebih besar daripada orang yang masih muda. Kadar lemak jahat mulai meningkat ketika seseorang memasuki umur 20 tahun.

4. Kurang olahraga.
Olah Raga dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dan mengurangi bahaya kolesterol jahat , dengan cara meningkatkan ukutan partikel yang membentuk kolesterol jahat.

5. Riwayat keluarga.
Jika salah satu anggota keuarga anda terdapat riwayat kolesterol tinggi, kemungkinan anda bisa mengalami hal yang sama. seseorang yang berbadan kuruspun bisa mempunyai kolesterol tinggi ketika keturunannya memiliki kolesterol tinggi juga. Jadi, penyakit seperti ini tidak hanya terdapat pada orang-orang gemuk saja.

Gen juga dapat mengontrol sel agar tidak menghilangka kolesterol jahat dalam darah dengan cepat atau bisa menyebabkan hati menghasilkan lemak jahat terlalu banyak. Oleh karena itu, jika anda memnpunyai anak atau orang tua yang memiliki kolesterol tinggi, sebaiknya anda perthatikan dan mengontrol faktor-faktor yang bisa diubah  contohnya berolahraga dan menjaga asupan maknanan.
Gejala kolesterol tinggi yang harus diwaspadai


Kebanyakan orang tidak mengetahui bawha dirinya sedang mengalami kondisi ini, apa lagi jika tidak pernah memeriksakannya. Biasanya mereka mengetahui dirinya mempunyau kondisi ini ketika mendapatkan diagnosis penyakit lain dari dokter, seperti serangan jantung, atau stroke. Dan ketika itu  sudah terlambat untuk mencegah penyakit tersebut.
  
Tidak ada gejala khusus yang ditimbulkan ketika seseorang memiliki kolesterol tinggi. Hanya dengan memeriksakan kadar Kolesterol Baik dan jahat untuk mengetahui apakah seseorang memiliki kadar kolseterol tinggi atau normal. Disarankan untuk melakukan pemeriksaan prol lipid secara rutin guna mencegah penyakit kronis yang disebabkan oleh kolesterol tinggi.  Mencegah pastilah lebih baik daripada mengobati.

Bahaya jika kolesterol tinggi tidak diobati



Kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan aterosklerosis, dimana plak menumpuk di dinding pembuluh darah arteri. Hal tersebut akan menyumbat sebagian atau seluruh aliran darah sehingga menyebabkan penyakit jantung koroner .

Jika terjadi aterosklerosis pada pembuluh darah arteri yang memasok darah ke jantung, kemungkinan akan merasa nyeris di dada dan gejala lainnya dari penyakit jantung koroner. Seiring waktu, plak bisa pecah dan menyebabkan gumpalan darah terbentuk di permukaan plak.  

Bila gumpalan darah cuku besar, hal in bisa menghadang aliran darah ke jantung dan membuat otot jantung kekurangan oksigen. Jika airan darah tidak segera pulih, bagian dari otot jantung mulai mati sehingga serangan jantung bisa terjadi.

 Plak bisa terbentuk juga di pembuluh darah arteru pada bagian tubuh lain, bukan hanya jantung, plak juga bisa terbentuk pada pembuluh darah arteri yang membawa darah kaya oksigen ke otak dan anggota badan lainnya. Hal ini akan menyebabkan aliran darah tersumbat dan mengakibatkan masalah, seperti terkena penyakit arteri karotif, penyakit arteri perifer, dan stroke.
Menurunkan kolesterol tinggi dengan obat kolesterol alami



Anda tak perlu resah dan khawatir, jika anda merupakan salah satu orang yang sedang mengalami kondisi ini, tenang masih ada berbagai hal yang bisa anda upayakan untuk menurunkan kolesterol jahat dan menaikan kolesterol baik sehingga anda dapat terhindar dari resiko penyakit serius. Anda bisa melakukan cara-cara dibawah ini, sehingga anda tidak perlu mengonsumsi obat penurun kolesterol.

1. Ubah kebiasaan makan Anda

Obat alami yang paling ampuh menangani kolesterol adalah dengan memperhatikan pola makan dan makanan yang anda makan. Soalnya, Kadar kolesterol baik dan jahat dalam tubuh dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Untuk itu, perlu anda kontrol asupan makanan yang anda makan supaya kadar kolesterol baik dan jahat tetap terjaga.

Lebih baik anda hindari makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans tinggi, karena kedua jenis lemak ini dapat meningkatkan kolesterol jahat dalam darah. Contohnya seperti jeroan, makanan berminyak atau apapun yang digoreng, daging berminyak dll.

2. Menurunkan berat badan

Orang yang memiliki kelebihan berat badan cenderung memiliki kolesterol jahat lebih tinggi dibandingkan kolesterol baik. Karena biasanya orang gemuk sering makan berlebihan dan jarang sekali olah raga. Supaya terhindar dari kolesterol tinggi, alangkah baiknya agar menurunkan berat badan jika memiliki berat badan yang berlebih.

Salah satu obat kolesterol alami yang ampuh adalah menurunkan berat badan. Tak perlu sampai anda kurus, cukup turunkan badan sampai anda mencapai berat badan yang normal. Penurunan berat badan sangat berpengaruh positif sekali terhadap kadar kolesterol jahat dan baik anda. Menurunkan berat badan 5 kg saja anda sudah mampu mengurangi kadar kolesterol sampai 8 persen.

            Menurunkan berat badan dengan cara yang sehat, sehingga anda tidak haya mengurangi berat air tapi juga berat lemak pada tubuh anda, cukup menargetkan 0,5-1kg per minggu

3. Lakukan olahraga teratur

Supaya anda bisa menurunkan berat badan, Anda harus disiplin melakukan olah raga secara teratur. Selain itu, olah raga yang teratur dapat membantu meningkatkan kadar koleterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat serta trigkiserida.

Inilah yang membuat olahraga bisa menjadi obat penurun kolesterol yang alami. Setidaknya lakukan olah raga 30 menit perhari atau 150 menit perminggu agar anda bisa merasakan manfaatnya

4. Berhenti merokok

Dilihat dari manapun merokok tidak ada manfaatnya untuk kesehatan bahkan sebaliknya apa lagi pada penderita kolesterol tinggi. Merokok dapat menurunkan kadar kolesterol baik dalam tubuh sehingga kadar kolesterol jahat terus meningkat. Dan merokok juga dapat membuat dinding pembuluh darah anda terluka.

Dengan berhenti merokok anda juga bisa membantu mengendalikan dan mengobati kolesterol tinggi  secara alami. Dan karena itu, lebih baik dari sekarang anda menghentikan kebiasaan merokok jika anda ingin terhindar dari penyakit akibat kolesterol tinggi

5. Hindari stres

Strees dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat. Untuk itu sebaiknya anda menghindari stres sebagai upaya mengobati kolesterol anda. Carilah aktivitas yang bisa membuat anda senang dan membuat diri anda merasa tenang dan nyaman sehingga terhindar dari stres. Anda juga perlu memperhatikan kebutuhan tidur anda karena kurang tidur bisa membuat tubuh mengalami stres

Semoga Artikel ini Bermanfaat dan bisa membantu anda dalam mengatasi permasalahan yang sedang anda hadapi. saya doakan anda baik baik saja dan sehat-sehat saja atau jika anda dalam kondisi yang tidak baik segera membaik.

0 Response to "Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel