Teknologi Masa Depan Dunia Kesehatan



Zonaiya-Perkembangan dunia kesehatan di masa depan tidak akan lepas dari teknologi digital. Kemajuan dan perkembangan teknologi yang begitu pesat memiliki dampak positif pada dunia kesehatan. Perkembangannya berperan membantu para dokter dan praktisi kesehatan membangun kualitas perawatan kesehatan yang lebih baik.

Kira-kira teknologi seperti apa saja yang bisa digunakan dalam dunia kesehatan saat ini ? berikut ada beberapa teknologi kesehatan dan fungsinya yang perlu kamu ketahui

Artificial Intelligence

Artificial Intelligence merupakan salah satu teknologi yang memiliki peran penting dalam mendesain ulang perawatan kesehatan yang telah ada. Pasien dimudahkan mendapatkan pelayanan dan bantuan medis secara cepat dan tepat dengan bantuan Alogaritma Ai.

AI juga berperan besar bagi para tenaga medis, dimana AI ini berperan umempercepat penanganan pasien, sera bisa membantu untuk menganalisa penyakit, bahkan meresepkan obat yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan pasien.

Virtual Reality


Virtual Reality adalah teknologi yang bisa menampilkan lingkungan nyata secara maya, pada bidang keshatan, virtual reality bisa dimanfaatkan sebagai alat simulasi bagi para calon dokter baru, bukan itu saja virtual reality juga dapat membantu dokter untuk menentukan lokasi pembedahan pada tubuh pasien

Teknologi ini digadang-gadang bisa membuat pelayanan kesehatan dimasa depan nanti lebih baik lagi, seperti yang dilansir medicalfuturist.com, pada tahun 2020 diperkirakan nilai pasar global virtual reality dalam pelayanan kesehatan akan mencapai 3,8 miliar Dolar Amerika.

Augmented Reality


            jika Virtual reality hanya menampilkan lingkungan nyata secara virtual, Augmented reality tidak menghilangkan kontak sama sekali dengan realita. Augmented reality sering digunakan para dokter saat melakukan pemeriksaan sebelum diadakannya operasi, Seperti MRI atau CT scan, yang bisa memberikan gambaran kepada ahli bedah tentang anatomi internal pasien.

Dengan menggunakan Augmented reality pasien akan terbantu untuk mendapatkan informasi yang akurat dan lengkap mengenai penyakitnya.
Healthcare trackers, wearables, sensors

Menggunakan healthcare trackers, wearables dan sensor untuk sehari-hari dapat membantu penggunanya memonitor kesehatan dirinya sendiri secara mandiri. Dengan teknologi ini dapat mendorong pengguna melakukan kegiatan-kegiatan pencegahan untuk menjaga kesehatannya.

         Kadar glukosa, suhu tubuh, tekanan darah bahkan tingkat stress bisa diakses secara langsung oleh pengguna, sehingga pengguna dapat mengatur pola hidup sehat dirinya sendiri.

3D-printing



Teknologi Printer 3D penggunaannya juga bisa dimanfaatkan dalam dunia medis. Rapid prototyping atau dikenal dengan 3D printing merupakan suatu proses pembentukan bentuk-bentuk model digital secara virtual dalam objek tiga dimensi.

Teknologi ini digunakan dalam dunia kesehatan untuk mencetak jaringan hingga membuat kulit sintetis. Bahan-bahan material yang digunakan teknologi ini adalah sel kulit dan gen manusia (bio-ink). Perkembangan dan kemajuan teknologi tak bisa dihindari dalam mempengaruhi dunia kesehatan.

Teknologi mampu membuat revolusi di berbagai bidang dunia kesehatan muali dari cara melakukan perawatan sampai terapi pasca operasi. Adanya teknologi canggih diharapkan pengobatan dan perawaratan akan lebih efektif dan tepat pada sasaran di masa depan nanti.


Tricorder Medis



Tricorder medis adalah perangkat portabel yang bisa memindai kondisi medis para penggunanya. Alat ini dapat mengukur tanda-tanda vital keehatan penggunanya seperti tekanan darah, temperatur dan denyut jantung manusia. Data yang didapat dari alat ini akan digunakan untuk menganalisis dan mendiagnosa kondisi kesehatan penggunanya.


Pengurutan genome


Teknologi pengurutan genome merupakan teknologi yang digunakan untuk mengetahui informasi mendasar tentang tubuh manusia meliputi kondisi medis multifaktorial atau monogenik, kepekaan obat dan mampu melihat riwayat medis keluarga.

Data-data tersebut bisa digunakan untuk menentukan perawatan dan pengobatan yang seperti apa atau perawatan dan pengobatan yang lebih efektif dan efisien untuk pasien. Pentingnya  data ini, pemerintah Amerika pernah melakukan Human Genome Project pada tahun 2003 dan menghabiskan biaya sekitar  2,7 miliar dolar.
Revolusi penemuan obat

Selama ini, proses untuk menemukan obat baru bisa memakan waktu yang oanjang dan membutuhkan biaya besar. Obat yang baru ditemukan harus melewati uji coba terhadap pasien satu demi satu, namun jika obat tidak cocok, para ahli harus mengukur kemabil dosisnya sampai sesuai dengan yang diperlukan, dan begitu terus.

Sampai pada tahun 2016 muncul In Silico Trials yang menjadi salah satu revolusioner penemuan obat. In Sililco Trials akan memberikan simulasi komputer untuk pengembangan obat. Teknologi ini bisa menguji obat-obat yang baru ditemukan pada pasien virtual atau pasien yang tidak nyata dan akan memberikan informasi takaran dosis yang tepat secara cepat.


Teknologi Nano


Nano teknologi disebut sebagai revolusi terbaru dengan menciptakan sebuah zat dengan ukutan yang sangat kecil hingga satu permiliat meter ( Nanometer). Dalam dunia kesehatan teknologi ini melibatkan aplikasi dari partikel nano yang saat ini sedang dikembangkan.

Penelitian teknologi nano melibatkan penggunaan tobot berukuran nano yang akan digunakan untuk melakukan pengobatan pada tingkat sel. Seperti yang telah dilakukan oleh Max Planck Institute yang melakukan eksperimen dengan mencinpatakan robot berukuran nano yang bisa dimasukan kedalam cairan tubuh dan membantu mengirimkan bantuan medis tepat pada sasaran. Robot-robot kecil ini berbentuk seperti kerang yang bisa berenang melalul aliran darah
Robotik

Dunia kesehatan juga melakukan pengembangan teknologi robot untuk membantu dan meningkatkan kualitas dunia kesehatan. Saat ini sejumlah robot sudah ada yang sengaja dibuat untuk memudahkan dokter mendeteksi dan megobati penyakit serta membantu merawat pasien.

Dimulai dari robot companions sampai robot bedahpun kini  mulai dikembangkan. Robot memiliki banyak fungsi seperti membantu berjalan, mengobati masalah kesehatan mental serta meningatkan waktu minum obat para pasien. Robot-robot ini ditanami semacam sensor sentuh, kamera dan mikrofon supaya fungsinya lebih maksimal. Beberapa contoh robot dalam dunia kesehatan adalah Jibo, Pepper, Paro dan Buddy.

Semoga Artikel ini beranfaat buat kamu dan bisa menambah wawasan kamu tentang teknologi terbaru atau perkembangan teknologi di duniakesehatan

0 Response to "Teknologi Masa Depan Dunia Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel