17 Pekerjaan di Rumah Berpenghasilan Kantoran


Zonaiya - Anda memiliki keterampilan, dan kelebihan lainnya namun sampai saat ini belum ada perusahaan yang mau menerima anda untuk bergabung bersama mereka karena beberapa kekurangan yang anda milki mungkin pekerjaan online dirumah bisa menjadi salah satu solusi untuk anda.

Pada umumnya orang-orang lebih suka bekerja dalam kepastian dikantor. Namun seiring perkembangan jaman kini makin banyak orang yang memilih fleksibilitas dalam hal pekerjaan dimana mereka bisa  bekerja secara lepas dan online daripada jam kantor yang tetap.  

Apakah anda sudah memutuskan untuk mengubah pandangan kantor yang membosankan sebagai pekerjaan alternatif? Atau anda seorang ibu rumah tangga yang sedang mencari penghasi;an lebih? Atau sudah saatnya anda merubah karier anda?

Anda beruntung hari ini bekerja tanpa harus pergi kekantor dan hanya bekerja dirumah lebih mudah daripada sebelumnya. Dalam daftar 17 jenis pekerjaan online ini anda pasti akan memutuskan setidaknya beberapa pekerjaan yang cocok dan menyenangkan yang bisa anda mulai hari ini. Dan pekerjaan itu bisa menjadi ladang uang untuk anda.

Mulai bisnis online Anda

Jika anda memilih bekerja di rumah daripada memiliki pekerjaan di kantor biasa, besar kemungkinan anda lebih suka menjadi bos anda sendiri saat melakukan pekerjaan online ini. Pekerjaan online ini memungkinkan anda mengelola waktu untuk sendiri, menyadari potensi anda, dan dalam banyak kasus dapat menghasilkan uang dengan baik. Dan inilah 17 jenis pekerjaan online yang bisa anda kerjakan dirumah :

1. Creator (menjual karya seni anda secara online)

Jika anda memiliki keterampilan untuk membuat sesuatu seperti kerajinan atau desain, pasti ada pasarnya untuk seni yang anda buat. Tentunya, anda dapat menjual kreasi anda secara langsung seperti pameran kerajinan. Namun penjualan secara online mungkin lebih menguntungkan dan bahkan dapat berubah menjadi pekerjaan online penuh waktu. Apalagi jika karya seni anda berbentuk digital. 

Beberapa platform hebat untuk menjual pekerjaan anda secara online:

Facebook adalah tempat yang paling cocok untuk memulai. Buatlah sebuah halaman untuk produk atau merek anda, undang semua kontak anda  untuk bergabung dan dating dengan kontes dan hadiah gratis. Dengan cara ini anda akan menyebarkan berita tentang produk anda dan mendapatkan basis penggemar pertama anda. . Anda juga dapat menambahkan toko ke halaman Facebook anda atau bergabung dengan Facebook Marketplace yang memungkinkan pembelian dan penjualan langsung di aplikasi.

Etsy adalah platform paling terkenal untuk memamerkan barang-barang buatan tangan . Tetapi jika karya seni anda berupa karya seni digital, Anda dapat menjualnya di sini. Beberapa contohnya adalah template/desain undangan pernikahan, poster digital, jurnal, perencana tujuan, dan daftar kegiatan, peta desain, dll.

Jika karya anda tidak berbentuk fisik, Anda dapat membuat toko online anda dengan Sellfy . Pengusaha kreatif menggunakan alat ini untuk menjual produk digital seperti preset video atau foto, e-book atau template copywriting, animasi, jingle, ketukan, atau bahkan pola rajutan. Dapatkan inspirasi dari daftar  25 Things to Sell ini untuk menghasilkan banyak uang .

Jual kaos, poster, mug, topi, atau bahkan tas dengan desain anda.  Layanan pengiriman drop seperti Printful menangani semua pencetakan, pengemasan, branding, dan bahkan pengiriman di tempat anda. Anda hanya perlu mengunggah desain, menarik pembeli dan kemudian menerima keuntungan anda. Beberapa pengguna telah melaporkan penghasilan lebih dari $ 1.200 dalam tiga minggu dengan layanan ini.

2. Guru kursus online

Belajar secara online adalah pasar yang booming bahkan diproyeksikan mencapai $240 miliar pada tahun 2023, jadi ada banyak uang untuk menghasilkan bagi siapa saja yang memiliki keterampilan untuk dibagikan. Jika anda memiliki pengetahuan dalam bidang desain, fotografi, kesehatan dan kebugaran, bisnis, pengembangan pribadi, music, teknologi, penulisan atau topic lain, ribuan siswa mungkin sedang menunggu anda untuk mengajarkannya.

Jika anda bisa mengajarkannya dengan menggunakan bahasa inggris anda dapat mulai dengan mendaftar sebagai guru di platform kursus yang populer seperti Skillshare dan Udemy . Pastikan juga anda membuat profil LinkedIn yang tepercaya dan menawarkan video intro gratis ke program studi anda. Ada banyak guru yang menghasilkan lebih dari $ 30 ribu setahun di Skillshare sementara 10 tutor top Udemy berhasil mendapatkan $ 17 juta dalam satu tahun. 

Bahkan jika angka-angka itu mungkin sulit dijangkau oleh seorang guru pemula, anda dapat bercita-cita untuk menghasilkan antara $ 100 dan $ 1000 dari pelajaran pertama yang sedang anda lakukan dalam mengajar secara online. Andapun bisa membuat kelas anda sendiri dengan memanfaatkan media social dan messenger anda sendiri.

Salah satunya anda bisa menggunakan platform whatsapp. Whatsapp sendiri sering digunakan untuk mentoring dan belajar mengajar secara online oleh beberapa orang dan di Indonesia ini cukup menjanjikan namun disini anda harus benar-benar bisa meyakinkan orang bahwa mereka tidak menyia-nyiakan  mengeluarkan uang untuk belajar dari anda.  

3. Peninjau produk di YouTube

Sebelum membeli sebuah produk sebagian besar dari kita sering memeriksa ulasana  produk di youtube. Mengapa anda tidak mencoba berada dibalik layar dan menawarkan video ulasan produk anda sendiri? Kabar baiknya adalah anda bisa meninjau produk-produk favorit anda baik itu teknologi, kecantikan,dekorasi rumah,kebgaran atau lainnya.

Berikut ini beberapa cara menghasilkan dengan menempatkan ulasan produk di YouTube:

Iklan YouTube - jika anda mendapatkan banyak penayangan dari video yang anda unggah, iklan dapat menjadi sumber penghasilan yang baik untuk anda.

Pemasaran afiliasi - tempatkan tautan/link afiliasi dalam deskripsi video anda sehingga anda bisa mendapatkan persenan dari setiap penjualan barang yang anda ulas. ( tentunya anda harus kerja sama dengan penjual produk tersebut)

Dapatkan bayaran untuk ulasa produk dari sponsor (endorse) - dapatkan bayaran dari merek untuk mengulas produk tertentu. Situs web seperti Famebit dan Grapevine adalah tempat yang baik untuk mencari sponsor berbayar. Seiring waktu, Anda dapat menumbuhkan audiens Anda, mendapatkan pengaruh dan bekerja lebih banyak penawaran meninjau produk yang Anda sukai.

4. Affiliate marketer

Pemasaran afiliasi adalah proses membantu situs web lain untuk menjual produk atau layanan mereka melalui tautan/link afiliasi khusus. Ketika anda mendaftar untuk sebuah platform afiliasi perusahaan, anda akan menerima tautan atau tautan unik anda, yang akan memberi Anda komisi setiap kali pengguna mengkliknya (atau membeli sesuatu setelah mengklik).

Banyak blogger menggunakan pemasaran afiliasi sebagai pekerjaan online untuk mendapatkan uang dari tulisan mereka. Tetapi anda tidak harus menjadi penulis untuk menghasilkan uang dengan cara ini. Anda hanya perlu mempromosikan tautan afiliasi di chanel YouTube, media sosial, grup atau forum Facebook, komentar posting blog, dll.

Bonus terbesar dari pemasaran afiliasi adalah ia membebaskan anda dari tanggung jawab model penjualan tradisional, seperti anda tak harus memiliki produk, situs web, atau mesin penjualan. Kebanyakan orang bekerja dengan lebih dari satu situs pemasaran afiliasi. Anda dapat menggunakan jaringan pemasaran afiliasi untuk mencari penawaran untuk mempromosikan.

Shareasale , CJ Affiliate , dan Amazon Associates adalah beberapa jaringan afiliasi paling populer saat ini. Di indonesiapun banyak saperti Ratakan,Mataharimall.dll

5. Blogger

Seperti dijelaskan di atas, pemasaran afiliasi adalah sumber pendapatan yang luas bagi blogger. Namun, anda bisa juga mendapatkan uang sebagai penulis menggunakan cara lain. Beberapa cara lain untuk menghasilkan uang sebagai blogger (selain pemasaran afiliasi):

  • Menempatkan iklan di blog Anda , dan dibayar setiap kali pengunjung mengkliknya.
  • Menulis ulasan tentang produk atau layanan perusahaan lain. Pastikan mereka sesuai dengan pembaca blog anda dan ulasan produk tersebut bukan satu-satunya konten anda.
  • Menawarkan konten berbayar tambahan dalam artikel Anda (misal. E-book yang dapat diunduh, konsultasi online atau produk terkait).
  • Melakukan pemasaran konten untuk pelanggan anda. Anda dapat menulis artikel untuk blog orang lain yang menjadi klien anda atau memasang posting tamu/promosi ke platform terkenal(blogwalking) tentang tautan yang menuju ke situs klien anda. Pelanggan anda akan membayar anda untuk menyebarkan berita tentang layanan mereka dan meningkatkan peringkat mereka di mesin pencari.
  • Menulis untuk blog dan outlet media lain yang membayar kontributor.


Manfaat paling signifikan dari blogging adalah Anda tidak perlu anggaran apa pun untuk memulainya - hanya keterampilan menulis dan keahlian yang bagus dalam topik khusus atau semacam pengalaman unik. Dan yang penting anda harus punya koneksi internet dan gadget tentunya.

6. Reseller

Menjual kembali berarti menemukan barang-barang murah yang bisa anda jual lebih banyak. Ini bisa menjadi pekerjaan online yang layak jika anda memiliki keterampilan atau pengetahuan khusus yang memungkinkan Anda menemukan produk yang kurang dapat diakses oleh orang lain. Dengan demikian mereka akan dengan senang hati membayar lebih banyak untuk mendapatkan produk-produk ini kepada Anda.

Misalnya, Anda mungkin seorang guru dalam menemukan barang-barang khusus, penjualan garasi yang bagus, atau barang antik. Atau, Anda bisa menjadi perantara antara negara bagian atau negara  menemukan sesuatu yang murah di satu tempat dan menjualnya ke audiens lain.

Anda bahkan dapat mulai dengan menjual barang-barang yang anda miliki di rumah yang tidak lagi anda inginkan. Untuk dijual kembali, anda dapat membuat toko online sendiri atau menjual barang di situs-situs seperti eBay.

7. Fotografer

Jika anda suka mengambil foto, Anda dapat dengan cepat mengubah hobi ini menjadi sumber penghasilan. Berikut adalah beberapa cara fotografer dapat menghasilkan uang secara online:

mengajarkan fotografi.  Bagikan kiat dan teknik berharga yang ingin didengar oleh para fotografer yang bercita-cita tinggi.

Jual poster atau karya seni digital.  Lihat poin No. 1 (Jual karya seni anda secara online).

Jual foto anda di situs web stok. Contohnya seperti situs web ShutterStock , iStock , dan BigStock yang merupakan basis data foto paling terkenal. Jumlah yang dibayarkan untuk setiap unduhan umumnya rendah, jadi Anda harus bertaruh pada kuantitas dan mengunggah kumpulan foto baru secara teratur. Kunci agar diperhatikan di situs web stok adalah menambahkan banyak kata kunci relevan yang akan dicari orang.

Tawarkan keahlian fotografi dan pengeditan foto anda pada platform freelancer (lihat bagian berikut tentang Menemukan pekerjaan online di platform freelancer)

8. Website tester

Banyak situs web kehilangan uang karena antarmuka pengguna yang buruk, navigasi yang buruk, salinan yang tidak jelas atau desain yang buruk. Karena itu, perusahaan mencari orang untuk menguji dan meninjau situs mereka sebelum meluncurkannya.

Dalam sebagian besar kasus, Anda harus mengutarakan pendapat Anda dengan keras dan merekam tindakan layar saat menelusuri situs web. Biasanya, tes memakan waktu antara 5-25 menit untuk menyelesaikannya, dan bayarannya rata-rata $ 10 per tes.

Berikut adalah daftar platform yang menyatukan pemilik dan penguji situs web dan dapat menawarkan pekerjaan online yang baik untuk dilakukan.

Menemukan pekerjaan online di platform freelancer

Jika anda belum siap untuk terjun ke bisnis online, anda dapat menawarkan layanan anda pada platform freelancer yang merupakan tempat yang baik untuk memulai pekerjaan online. Beberapa platform freelancer paling populer adalah  Fiverr , Upwork , dan Freelancer. untuk di indonesia anda bisa mencobanya di Fastwork.

Secara umum, Upwork mengumpulkan lebih banyak freelancer profesional dan memiliki potensi penghasilan yang lebih luas daripada Fiverr. Tapi, meskipun mayoritas pengguna Fiverr menghasilkan di bawah $ 100 sebulan, 30% dari mereka berhasil menghasilkan antara $ 100 dan $ 499,dan lebih banyak lagi. Lalu mengapa anda tidak termasuk dalam 30% penghasilan terttinggi itu ?

Selain bergabung dengan platform ini, ada cara lain untuk menemukan pelanggan pertama Anda. Misalnya, melalui teman dan kontak profesional anda; dengan membagikan portofolio anda di media sosial anda; atau dengan menjangkau perusahaan secara langsung (misalnya, menawarkan layanan copywriting ke situs web dengan salinan yang buruk).

Tapi pertama-tama, tentukan keterampilan anda dan jadikan itu profesi anda.

9. Copywriter, penerjemah, atau proofreader

Jika menulis merupakan keahlian anda, anda dapat dengan mudah mengubahnya menjadi sumber penghasilan. Anda mungkin menerima tulisan yang bagus begitu saja, semua orang bisa menulis, bukan? Bahkan, banyak orang tidak terampil dalam menyusun pesan penjualan, deskripsi komprehensif atau bahkan posting media sosial. Ada banyak audiens yang senang melakukan outsourcing tugas-tugas seperti itu.

Demikian pula, banyak pengusaha menulis teks di situs web mereka sendiri atau artikel blog yang hanya perlu diedit dan proofreading, atau diterjemahkan untuk pasar lain. Yang perlu Anda lakukan untuk menangkap klien itu adalah menawarkan keterampilan dan pengalaman anda kepada mereka. Nyatakan bidang keahlian Anda dalam resume Anda dan bagikan contoh pekerjaan Anda   dengan cara ini anda akan menonjol dari kompetisi.

10. Desainer Web atau Grafik

Di era digital saat ini, karya desain grafis lebih banyak diminati daripada sebelumnya. Jika Anda memiliki beberapa keterampilan dan pengalaman desain, ada beberapa jenis pekerjaan online yang dapat Anda lakukan:
  • Desain situs web & halaman arahan
  • Desain logo
  • Desain aplikasi seluler
  • Kartu nama & souvenir perusahaan
  • Iklan, spanduk, dan materi pemasaran
  • Leaflet, brosur, e-book
  • Desain kemasan
  • Desain presentasi
  • Ilustrasi yang beragam


Selain platform freelancer, ada cara lain yang dapat diandalkan untuk menghasilkan uang tambahan dengan pekerjaan desain Anda.  Misalnya, coba tambahkan desain anda pada basis data ilustrasi, platform 99Designs atau Pasar Kreatif (Crativie Market) di mana desainer menetapkan harga sendiri untuk karya seni mereka.

11. Guru Bahasa

Orang-orang sangat ingin belajar bahasa baru sejak zaman kuno. Untungnya, saat ini jauh lebih mudah untuk menguasai bahasa baru daripada berabad-abad atau bahkan puluhan tahun yang lalu. Tidak masalah jika bahasa ibu Anda adalah bahasa Inggris atau salah satu dari 7000 bahasa di dunia. Anda pasti menemukan siswa yang mau belajar atau berlatih dengan anda.

Lebih baik lagi jika anda sudah memiliki pengalaman mengajar. Jika tidak, tambahkan elemen khusus ke resume (daftar riwayat hidup) anda. Sebagai contoh, anda dapat memasukkan beberapa fakta budaya dalam kursus anda, atau membuat kelas anda lebih menyenangkan, informal, atau fleksibel untuk setiap jam sehari, apa pun yang anda inginkan.

12. Voice over ( Pengisi suara)

Banyak bisnis yang sedang mencari suara laki-laki atau perempuan untuk menceritakan video pemasaran atau penjelasan mereka. Selain itu, buku audio, pengantar podcast, iklan TV / Radio, tutorial, dan bahkan voicemail semuanya membutuhkan Voice Over  profesional.

Jika anda memiliki keterampilan vokal yang sangat baik dalam bahasa ibu anda, ada peluang besar bagi anda untuk menghasilkan uang dengan mereka. Bagian terbaiknya adalah pekerjaan ini mudah dilakukan karena yang anda butuhkan hanyalah komputer, mikrofon yang bagus, dan ruangan dengan perlakuan akustik yang baik.

13. Perwakilan dukungan pelanggan

Banyak perusahaan mencari untuk melakukan outsourcing dukungan pelanggan, terutama jika basis klien mereka bersifat global dan mereka tidak dapat memberikan dukungan sepanjang waktu dengan tim mereka sendiri. Jika anda ingin membantu orang atau ingin membangun pengalaman di bidang ini, dengan menawarkan layanan anda pada platform freelancer adalah cara dan tempat yang baik untuk memulai.

Dukungan surel, media sosial, dan obrolan serta pembuatan kontak adalah tugas paling umum dari perwakilan layanan pelanggan outsourcing. Namun, semakin luas rentang layanan yang anda tawarkan, semakin tinggi peluang anda untuk direkrut. Misalnya, Anda dapat menambahkan pekerjaan entri data, manajemen media sosial, persiapan laporan, dan tanggung jawab lainnya ke resume Anda.

Di sisi lain, anda dapat bekerja sebagai pembelanja misteri yang mengevaluasi kualitas layanan pelanggan dari toko dan situs web online lainnya. Pikiran bahwa untuk memiliki ini sebagai pekerjaan online yang serius, anda perlu melakukan sedikit belanja misteri.

14. Konsultan, penasihat atau pelatih

Jika anda ahli dalam bidang apa pun, ada orang yang ingin mendengar pendapat anda dan belajar dari pengalaman Anda. Ini hanya beberapa contoh dari berbagai bidang yang dapat anda konsultasikan:

  • Bisnis & Kewirausahaan
  • Pemasaran & penjualan
  • Freelancing
  • Hubungan
  • Kesehatan & Kebugaran
  • Gaya berpakaian
  • Parenting
  • Desain interior
  • Penulisan


Jelajahi kategori pada platform freelancer dan tawarkan saran anda yang relevan dengan profesi atau pengalaman anda. Misalnya, jika Anda telah mengelola bisnis kecil, tawarkan konsultasi anda di bawah kategori bisnis atau pemasaran.

15. Akuntan

Penganggaran dan keuangan adalah mimpi buruk banyak pengusaha; tak heran banyak bisnis mencari cara untuk melakukan outsourcing tugas-tugas kompleks ini. Jika anda ahli dalam hal angka dan memiliki pengalaman akuntansi untuk ditunjukkan, pelanggan anda pasti ada di luar sana. 

Lebih baik lagi jika Anda memiliki pengetahuan hukum, seperti mendirikan bisnis, menyiapkan kontrak atau mendaftarkan merek dagang anda. Ini mungkin keterampilan yang relevan di tempat anda, tetapi masih sangat dituntut.

16. Asisten virtual

Fungsi asisten virtual dapat berkisar pada tugas-tugas sederhana seperti entri data atau menyalin percakapan hingga riset dan analisis web yang lebih kompleks, pembuatan lead, suntingan Photoshop, perencanaan perjalanan, pencarian dan akuntansi LinkedIn yang mendalam.

Mulailah dengan mendefinisikan keahlian anda dan menawarkannya di salah satu situs freelancer. Semakin luas keahlian anda dan semakin baik ulasan anda, semakin besar kemungkinan anda mencari nafkah dari jenis pekerjaan online ini. Rata-rata, asisten virtual di Amerika Serikat memperoleh $ 15,57 per jam.

17. Social media manager

Pekerjaan ini terkadang terdaftar di bawah asisten virtual. Namun, karena manajemen media sosial adalah keterampilan yang sangat dituntut, pengusaha sering mencarinya secara terpisah. Jika anda seorang penikmat media sosial, anda dapat membuat paket layanan yang dapat dibeli dari anda.

  • Paket bulanan manajemen media sosial dasar dapat meliputi:
  • Menyiapkan profil media sosial (jika perlu)
  • Memonitor 3-5 platform media sosial, dengan menjawab komentar dan pesan
  • Membuat konten dan memposting beberapa kali per minggu
  • Menambahkan tagar, gambar, dan tautan yang relevan


Manajemen media sosial adalah jenis pekerjaan online bergaji tinggi yang sangat diminati. Ini juga pekerjaan yang sangat fleksibel karena Anda dapat menjadwalkan posting kapan saja dan di mana saja. Jika Anda memilih jalur ini, pertimbangkan bekerja dengan beberapa pelanggan secara bersamaan untuk memaksimalkan penghasilan Anda.

Mungkin kebanyakan pekerjaan online ini berbasis bahasa inggris namun masih ada beberapa jenis pekerjaan online yang bisa anda lakukan tanpa menguasai bahasa inggris sama sekali, dan untuk anda yang memiliki kelebihan berbahasa inggris ditambah keterampilan yang memadai hal ini bisa menjadi peluang yang lebih baik daripada anda bekerja dikantor.

Pekerjaan online terbaik sudah menunggu anda, semoga anda berhasil dan sukses dengan hasil keputusan anda, selamat berkarir.

0 Response to "17 Pekerjaan di Rumah Berpenghasilan Kantoran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel