Berbagai Pilihan Cara Menurunkan Kolesterol


sebelum mencoba cara ini anda bisa membaca Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami terlebih dahulu. cara ini hanya untuk anda yang ingin mencoba menurunkan kadar kolesterol dengan menggunakan obat dan herbal. 

Berbagai pilihan makanan penurun kolesterol

makanan merupakan salah satu obat kolesterol alami yang ampuh membantu menurunkan kolesterol. Jika anda tindak ingin kolesterol jahat anda tinggi, maka anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung lemak baik lebih banyak dibandingkan makanan yang mengandung lemak jahat (lemak jenuh dan trans). 

Memakan makanan tersebut bisa menjadi obat alami yang bisa anda konsumsi sehari-hari untuk menjaga kolesterol anda tanpa takut dengan efek samping yang ditimbulkan. Adapun beberapa contoh makan yang memiliki sumber lemak baik ( lemak tak jenuh ) yang bisa menjadi obat kolesterol alami yang baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang tinggi. Beberapa makanan dibawah ini bisa membantu anda menjaga kolesterol anda:

  • Minyak zaitun.
  • Ikan salmon, ikan tuna, sardean, ikan herring, atau ikan kaya omega-3 lainnya (tapi, sebaiknya jangan diolah dengan cara digoreng)
  • Alpukat
  • Kacang kenari, almond, mede, kedelai, dan kacangkacangan lainnya


Tak hanya makanan tinggi lemak baik saja, makanan tinggi akan serat merupakan makanan yang baik sebagai obat penurun kolesterol alami. Serat mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.  Serat pada makanana mampu menghalangi penyerapan kolesterol dan membantu mengeluarkannya dari tubuh melalui feses. 

Sayuran serta buah-buahan merupakan makanan yang memiliki serat tinggi dan sekaligus menjadi obat kolesterol alami yang paling baik. Oatmeal dan makanan yang diolah dari gandum untuh juga memiliki serat yang cukup tinggi, sehingga cocok dijadikan obat kolesterol alami yag bisa anda konsumsi setiap harinya.

Menurunkan kolesterol tinggi dengan obat kolesterol statin 

Adapun cara lain selain mengubah pola hidup untuk menurunkan kolesterol yaitu dengan mengonsumsi obat penurun kolesterol. Dilansir dari WebMD, obat penurnu kolesterol bisa menurunkan kolesterol jahat lebih cepat sampai 50 persen dibandingkan cara yang lain. Oleh karena itu, banyak orang lebih memilih menggunakan obat penurun kolesterol ketimbang mengubah pola hdup mereka.

Obat tersebut bekerja dengan cara menghadang zat yang dibutuhkan tubuh untuk membuat kolesterol, mengurangi kada trigliserida dalam tubuh, dan menyerap kolesterol sampai membuangnya dari tubuh. Salaha satunya, obat yang sering digunakan penderita kolesterol tinggi adalah statin, termasuk atorvastatin, lovastatin, simvastatin, pravastatin, dan rosuvastatin. 

Akan tetapi, seperti obat-obatan yang lainnya, obat tersebut juga memiliki efek samping. Efek sampingnya bervariasi pada setiap orang yang mengonsumsinya, tergantung jenis dan dosis obat statin yang mereka konsumsi. Meski demikian, efek samping dari penggunaan obat penurun kolesterol ini biasanya seperti pusing, nyeri otot dan sendi, masalah pencernaan, diabetes melitus tipe 2, sampai kerusakan hati dan otot.

Anda beresiko mempunyai penyakit ginjal atau hati, atau memiliki postur tubuh kecil dikarenakan anda mengalami efek samping dari obat tersebut jika dikonsumsi sekaligus dalam jumlah banyak.  Perempuan dan lansia yang memiliki umur lebih dari 65 tahun juga mengalami peningkatan resiko yang lebih tinggi.

Setelah tahu efek samping dari statin, apakah Anda masih ingin menggunakan obat kolesterol tinggi? Butuh tidaknya Anda menggunakan obat kolesterol tinggi pada dasarnya tergantung dari kadar kolesterol dalam tubuh Anda. 

Sekarang anda sudah tahu efek samping dari penggunaan obat tersebut (statin), dan setelah anda tahu apakah anda masih tetap ingin menggunakan obat terseut? Peggunaan obat kolesterol tinggi pada dasarnya tergantung dari kolesterol tubuh anda. Alangkah lebih baiknya anda selalu berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu jika anda igin menggunakan obat tersebut sebagai penurun kadar kolesterol jahat anda.

Mengonsumsi obat penurun kolesterol bukan berarti Anda bisa bebas makan apa saja

Obat penurun kolesterol bisa menjadi pilihan untuk membantu anda menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh anda. Akan tetapi, anda juga bisa memilih opsi lain dan tidak hanya mengandalkan obat penurun kolesterol saja. Anda tetap harus menjaga kada kolesterol baik dan kolesterol jahat supaya tetap normal dengan menerapkan pola hidup yang sehat seperti yang sudah pernah dijelaskan.

Banyak orang merasa baik-baik saja untuk mengonsumsi makanan apapun setelah mereka meminum obat penurun kolesterol, mengonsumsi obat tersebut bukan berarti anda bebas memakan makanan apapun dan mengabaikan diet rendah kolesterol. Anda harus juga memperhatikan asupan-asupan lemak dan karbohidrat anda karena zat gizi ini dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

Jadi, anda tetap harus menerapkan gaya hidup sehat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol anda meskipun anda telah mengonsumsi obat kolesterol tinggi. Sekali anda mulai mengonsumsi obat kolesterol tinggi, anda biasanya akan terus mengonsumsi obat tersebut, dan anda harus tahu itu.

Meskipun Anda berhenti mengonsumsi obat tersebut dan kadar kolesterol anda sudah normal untuk sementara, tetap saja anda haru berjaga-jaga karena Kadar kolesterol anda bisa saja meningkat kembali sewaktu-waktu . Dengan mengubah pola makan anda, melakukan olah raga, berhenti merokok, dan meninggalkan kebiasaan buruk lainnya anda bisa mencegah hal tersebut.
Penggunaan suplemen sebagai obat alami kolesterol

Mungkin sekarang anda takut untuk menggunakan obat penerun kolesterol statin setelah mengetahui efek samping dari penggunaannya, tenang anda bisa menggunakan opsi lain seperti obat herbal kolesterol untuk membantu anda mngendalikan kadar kolesterol yang ada dalam tubuh anda. Tetapi anda tetap harus mengkonsultasikan terlebih dahulu pada dokter anda jika anda ingin mengonsumsinya.

Tidak semua kandungan dalam obat herbal kolesterol aman untuk tubuh anda, dan bisa saja memiliki kemungkinan bereaksi negatif pada obat-obatan yang sedang anda konsumsi. Hanya dokter atau ahli gizi yang bisa merekomendasikan perlu atau tidaknya anda mengonsumsi suplemen  (obat herbal ) sebagai obat alami kolesterol anda.

Berikut ini beberapa jenis suplemen yang bisa dijadikan obat alami kolesterol.

1. Minyak ikan

Kadar omega-3 dalam minyak ikan, yaitu EPA dan DHA, sudah terbukti bisa menurunkan kadar trigliserida hingga 30 persen, dan meminimalisir pembengkakan,pembekuan darah, serta meningkatkan kolesterol baik. Karena itu minyak ikan sangat cocok dijadikan obat herbal untuk kolesterol.

Akan tetapi ada hal yang harus diperhatikan dari beberapa jenis minyak ikan yaitu kadar merkuri serta polutan yang tinggi. Untuk menggunakan obat herbal kolesterol pilihlah obat herbal yang memang sudah teruji klinis bebas dari logam berat seperti merkuri dan timbal serta racun lingkungan lainnya termasuk bifenil poliklorinat atau PCB

2. Psyllium

Psylium merupakan tanaman yang hanya tumbuh di india tanaman ini juga lebih dikenal dengan nama plantagi ovata. herbal ini telah lama dikonsumsi sebagai suplemen dari sumber serat makanan alami. Tanaman ini termasuk kedalam jenis serat larut air yang bisa melarutkan kolesterol dan menurunkan trigliserida serta kolesterol total, apa lagi bagi penderita diabetes tipe 2. 

Obat ini bisa menjadi alternatif untuk membantu anda menurunkan kadar kolesterol dalam darah ditubuh anda.

3. Niacin

Niacin adalah suplemen vitamin B yang bisa meningkatkan kadar kolesterol baij dan menurunkan kolesterol jahat hingga 30 persen. Suplemen ini perlu diminimun dalam dosis besar agar efeknya bisa dirasakan, yaitu sebanyak 1 sampai 3 gram dalam sehari. Dikarenakan harus diberikan dalam dosis yang tinggi, lebih baik anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum mengonsumsi obat tersebut.

0 Response to "Berbagai Pilihan Cara Menurunkan Kolesterol"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel