Dampak Penggunaan Teknologi Terhadap Generasi Milenial



Setiap kali seseorang yang tua bercerita tentang kehidupan mereka, mereka selalu menyebutkan bagaimana masa muda mereka membentuk fondasi bagi kehidupan mereka di masa depan. Namun berbeda  dengan anak muda di zaman sekarang hal tersebut menjadi keprihatinan bagi sebagian besar orang tua karena remaja saat ini sedang dipengaruhi oleh teknologi di semua bidang kehidupan mereka.

Di bawah ini adalah beberapa cara di mana teknologi mempengaruhi kaum muda saat ini.

Depresi dan Kecemasan:

"Agak ironis bahwa mengurangi penggunaan media sosial sebenarnya membuat anda merasa lebih tidak kesepian" ~ Melissa G. Hunt, University of Pennsylvania USA. media sosial adalah sepasang kaca berwarna mawar yang besar. Orang selektif dalam berbagi secara online. Ini saluran untuk pamer daripada mendokumentasikan. Di media sosial, tampaknya semua orang memiliki kehidupan yang lebih baik daripada anda.

Awalnya, media sosial meniru kehidupan sehari-hari alami kita dan membantu menambah nilai dan kemudahan bagi kehidupan dunia 'nyata' kita. Profil media sosial  menggambarkan apa yang kami lakukan pada siang hari. Seiring waktu semuanya telah  berubah.

Hari ini, kita menjalani kehidupan kita berdasarkan apa yang kita inginkan dari profil online kita. 'Suka' telah menjadi tanda harga diri dan validasi bagi kaum muda. menakutkan membayangkan bahwa kita mengurangi aspek kompleks dari apa yang membuat kepribadian seseorang menjadi angka objektif tunggal.

Semua ini membuat anak-anak muda menghadapi risiko depresi dan kecemasan yang jauh lebih tinggi.

Hilangnya Kegiatan Sosial:

“Tidur adalah kompetisi terbesar kami” ~ Reed Hasting, CEO Netflix (April 2017)

Kita tahu konsumsi media online meningkat. Yang penting untuk dicatat adalah bahwa bukan hanya waktu yang dialokasikan untuk televisi tetapi sekarang waktu juga di alokasikan untuk hiburan secara online. Media online memakan waktu yang dihabiskan orang untuk bersosialisasi dan kegiatan di luar ruangan. Orang-orang bahkan tidak lagi tidur dengan tanpa menonton video online.

Dengan membatasi waktu untuk kegiatan sosial, anda membatasi lingkaran sosial Anda dan merasa kesepian dan kemudian menggunakan lebih banyak waktu online. Demikian pula, begitu anda mulai mengorbankan tidur, anda selalu lelah, dan karenanya anda ingin menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan di depan layar. Itu adalah lingkaran setan.

Pikiran yang Teralih & Kehilangan Kreativitas:

Pemuda terus-menerus terganggu. Pemberitahuan konstan menuntut waktu dan perhatian kita menjauh dari apa pun yang kita lakukan. Bahkan tanpa pemberitahuan, kami secara sukarela mulai membalik-balik telepon untuk tetap terganggu. Kapan terakhir kali Anda menunggu di restoran atau kantor dokter tanpa mengeluarkan ponsel? Para peneliti mengatakan bahwa generasi muda saat ini telah melupakan rasa bosan.  Dan Ini bukan hal yang baik.

Ketika dalam keadaan terganggu, kita menghabiskan waktu tanpa kepuasan atau pencapaian apa pun. Inilah alasan mengapa rata-rata remaja menghabiskan lebih dari 50 jam di ponsel mereka setiap minggu, yang hampir sama dengan bekerja dengan pekerjaan penuh waktu.

Sendirian waktu dan waktu untuk refleksi sangat penting bagi seseorang untuk memahami pikiran mereka. Ini juga merupakan prasyarat untuk kreativitas. Hari ini ketika kita memiliki generasi yang terus-menerus terganggu, kita menghadapi tantangan nyata karena berkurangnya kreativitas.
Beberapa Tips untuk Penggunaan Teknologi yang Optimal

Teknologi netral, dan tidak memberi tahu anda cara menggunakannya. Jika digunakan dengan benar itu bermanfaat. Sangat penting untuk meningkatkan hubungan anda dengan teknologi. Berikut adalah beberapa poin sederhana untuk memulai:

Mengukur :  Langkah pertama adalah menyadari sejauh mana penggunaan anda. Amati penggunaan ponsel anda dan evaluasi apakah jam yang dihabiskan untuk ponsel itu diperlukan? Apakah anda dapat menceritakan apa yang anda lakukan saat menghabiskan satu jam di media sosial? Refleksi ini akan membantu Anda meningkatkan penggunaan Anda.

Bersihkan Ponsel Anda:  Hapus semua aplikasi media sosial, game mobile. Matikan pemberitahuan dari semua aplikasi. Dengan menghapus pemberitahuan, anda mengontrol kapan Anda ingin menggunakan telepon dan bukan sebaliknya.

Bosan di Waktu :  Berhenti menggunakan telepon sebagai selingan. Saat naik taksi selama 15 menit, mungkin lebih baik mengasimilasi pikiran anda melihat ke luar jendela daripada menatap layar. Hargai waktu sendirian. Waktu sendirian akan membantu anda menjadi lebih kreatif, meningkatkan hubungan Anda, dan menjadi lebih bahagia.

Dapatkan Jam Alarm: Berhenti menggunakan telepon sebagai jam alarm. Saat Anda menggunakan telepon sebagai jam alarm, anda sangat mungkin membuang-buang waktu pagi di ponsel. Jangan biarkan orang lain mengatur nada untuk hari itu. Jika Anda memulai hari dengan persyaratan Anda, itu akan jauh lebih baik.

0 Response to "Dampak Penggunaan Teknologi Terhadap Generasi Milenial"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel